-->

LATIHAN SOAL TES CPNS 2017

hy para pemirsa peminat tes cpns 2017, feel great today?
kalian semua tahu, bahwa pepatah mengatakan practice make perfect, yang artinya semakin sering kita berlatih, maka akan semakin lihai kita pada bidang tersebut, seperti guru yang semakin sering mengajar, maka akan semakin paham ia pada pelajaran tersebut.

begitu juga dengan tes cpns ini, mungkin diantara kalian semua telah berungkali mengikuti tes cpns, dan mungkin juga hasilnya bukanlah yang kalian harapkan, tapi, bukan bearti kalian gagal untuk itu, mungkin kalian hanya belum bruntung, atau mungkin juga kalian kurang latihan.

untuk itu, mari kita latihan menjawab soal-soal cpns beberapa tahun belakang, siapa tahu nanti pada tes cpns 2017, latihan kita ini akan sangat berguna.setidaknya bagi calon tes cpns 2017 yang belum pernah mengikuti tes cpns, kalian tidak akan terkejut lagi dengan soal-soal yang akan kalian hadapi nanti.


dalam tes cpns, baik itu tes cpns 2014, 2013 sampai 2017 nanti, soal tes nya tetap mengggunakan 3 jenis soal, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

so, let's try it. kunci jawaban ada dipaling bawah

Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
soal tes wawasan kebangsaan ini intinya segala hal tentang UUD dan negara kita, teman saya dulu sampai hafal semua UU, dan  berhasil lulus tes cpns, sedangkan saya, tidak hafal sama sekali, dan beruntung bisa lulus juga,  namun, tetap utamakan belajar, bukan keberuntungan ok.

1. harga mata uang dan jenis, diatur dalam UUD 45 pasal ?
a.22A
b.23B 
c.23A
d.23C
e.22B

2. negara republik indonesia adalah negara yang berdasarkan pancasila, hal ini dapat disimpulkan dari..?
a.supersemar
b.pembukaan UUD 45 alinea 1
c.pembukaan UUD 45 alinea 4
d.dekrit presiden
e.batang tubuh UUD 45

3.Timbulnya NKRI dalam prakteknya terjadi dengan cara.?
a.pemberontakan
b.perserikatan
c.pemecahan
d.perjanjian
e.peleburan

4.Perbendaan bentuk negara kesatuan dengan negara serikat terletak pada?
a.jabatan kepala negara
b.sistem pemerintahan
c.jumlah UUD yang dimiliki
d.hak untuk mengatur daerah
e.kedaultan keluar dipegang oleh pusat

5.bentuk pemerintahan negara kesatuan republik indonesia adalah
a.kesatuan
b.republik
c.monarki
d.demokrasi
e.serikat

6.pasal 37 ayat 5 melarang perubahan ketentuan terhadap UUD 45 yang mengatur tentang...?
a.amandemen uud 45
b.batas-batas wilayah negara
c.bentuk negara kesatuan
d.dasar negara pancasila
e.pemerintah daerah

7.pasal 28 A-J pada intinya, merupakan jabaran dari pancasila, sila ke..?
a.kesatu
b.kedua
c.ketiga
d.keempat
e.kelima

8.ideologi komunisme, marxisme, telah dilarang dinegara kita sejak 1966, karena bertentangan dengan
a.UUD 45
b.pancasila
c.keputusan DPR
d.masyarakat Indonesia

9.aturan-aturan yang timbul dan terpelihara dalam pratik penyelenggaraan negara, meskipun tidak tertulis disebut..?
a.konstitusi
b.yurispudensi
c.hukum dasar
d.kovensi
e.trakta

10 . UUDS 1950 pernah berlaku pada tanggal... sampai..?
a.17 agustus 1950-5juli 1959
b.27 desember1949 -17 agustus 1950
c.18 agustus 1945 -27 desember 1949
d.5 juli 1959-11 maret 1966
e.5 juli 1969-17 agustus 1982


lanjut ke jenis soal Tes  Intelegensi Umum (TIU)
tes ini membutuhkan penalaran dan kemampuan memahami soal dengan baik, bukan bearti kalian harus membaca soal sampai ratusan x, itu akan menghabiskan waktu kalian, tapi cobalah baca soalnya dengan perlahan, seperti mengunyah makanan, perlahan dan kalian akan tahu apa saja bumbu didalam makanan tersebut. namun secara kasar, bisa dibilang, dalam tes inilah kemampuan intelegensi kalian diukur, dan jika menjawab dengan jujur, kalian akan tahu seberapa cerdas otak kalian, cobalah..! 99% peserta tes gagal lulus cpns karena gagal memenuhi pasing grade TIU

1.didalam sebuah kelas terdapat 10 siswa, setiap siswa berjabat tangan satu dengan yang lain, berapa jabat tangan yang terjadi tanpa adanya perulangan (a-b=b-a dihitung 1)?
a.20
b.40
c.60
d.90
e.45

2.jika angka 1-9 dibuat berpasang-pasangan, berapa pasang angka yang dapat muncul?
a.20
b.10
c.9
d.8
e.72

3.guru adalah pegawai negeri, sebagian guru adlah penulis, pernyataan berikut yang salah adalah
a.sebagian penulis adalah pegawai negeri
b.sebagian pegawai negeri adalah guru
c.sebagian penulis adalah guru
d.semua penulis adalah pegawai negeri
e.sebagian pegawai negeri adalah penulis

4.semua siswa mengikuti ulangan, sebagian siswa mendapat nilai bagus dalam ulangan, jadi pernyataaan yang benar adalah
a.semua siswa mengikuti ulangan dan mendapat nilai bagus
b.sebagian siswa tidak mengikuti ulangan dan tidak mendapat nilai bagus
c.sebagian siswa tidak mengikuti ulangan tapi mendapat nilai bagus
d.semua siswa mengikuti ulangan
e.semua siswa mengikuti ulangan dan mendapat nilai tidak bagus

5.anggi selalu memberi hadiah teman-temannya barang mahal, vita diberi gaun oleh anggi, jadi..
a.gaun adalah pemberian anggi yang mahal
b.gaun adalah barang mahal
c.vita selalu diberi hadiah barang-barang mahal
d.tak ada hadiah yang tidak mahal
e.anggi selalu memberi hadiah kepada vita

6. Air -Api : Mata-Kepala
a.Jari-tangan : Mawar-Bunga
b.Utara - Selatan : Ban-Mobil
c.Kepala -Api : Mata-Air
d.Bumi-Langit : tangan-kaki
e.Laut-Padang Pasir :Bumi-Langit

7. Sinonim dari Pulang
a.pergi
b.berlalu
c.kembali
d.datang
e.Muncul

8.sinonim Preventif
a.pencegahan
b.penanggulangan
c.perbaikan
d.pembaharuan
e.pematangan

9. antonim atheis
a.pemujaan
b.tuhan
c.komunisme
d.agama
e.tidak ada

10.sinonim Mengerti
a.mengetahui
b.memahami
c.menjelaskan
d.mendalami
c.mengenali

Soal Tes Karekteristik Pribadi (TKP)
soal jenis ini tidak perlu latihan, cukup tempatkan diri kalian sebagai orang paling baik dan paling bijak, maka itulah jawaban yang benar, 90% orang peserta tes cpns berhasil meraih nilai sangat tinggi dalam soal jenis ini, 10 % yang gagal adalah orang yang egois, punya masalah kepribadian akut dan yang tidak membaca soal.

sudah siap mengoreksi hasil latihan kalian, mari kita cek berapa jumlah soal benar yang kalian dapat..


Kunci Jawaban

soal TWK
1. D. 23 C
2.C.pembukaan UUD 45 alinea 4
3.D.perjanjian
4.B.sistem pemerintahan
5.D.republik
6.A.amandemen UUD 45
7.B.kedua
8.B pancasila
9.D.konvensi
10.A.17 agustus 1950-5 juli 1959

Soal TIU
1.E.45
2.E.72
3.D.semua penulis adalah pegawai negeri
4.Bsebagian siswa tidak mengikuti ulangan dan tidak mendapat nilai bagus
5.Agaun adalah pemberian anggi yang mahal
6.B.Utara - Selatan : Ban-Mobil
7. C.kembali
8.a.pencegahan
9.D. agama
10.B memahami

ada yang benar semua? atau hampir salah semua? tidak apa-apa, namanya juga latihan, sengaja hanya saya lampirkan 20 soal, karena jika terllu banyak, nanti anda pusing menjawabnya, yang penting kalian memahami soal-soal tersebut, dan yakinlah setiap tahun, seperti itulah soal-soal tes cpns,, dan tetap akan sama hingga 2017 mendatang..

sedikit bocoran, untuk soal TIU no 1 dan 2, saya berikan triks jawaban pintasnya.

1.didalam sebuah kelas terdapat 10 siswa, setiap siswa berjabat tangan satu dengan yang lain, berapa jabat tangan yang terjadi tanpa adanya perulangan (a-b=b-a dihitung 1)?
 trik nya, jumlah siswa kurangi 1, hasilnya kalikan jumlah siswa lalu bagi 2:

jumlah jabat tangan ={ (10-1) x 10} :2
                              = (9x10) :2
                              = 45

2.jika angka 1-9 dibuat berpasang-pasangan, berapa pasang angka yang dapat muncul?
 jumlah pasangan angka = (9-1) x 9
                                     = 8x9
                                     = 72

nah segitu saja yang dapat saya jelaskan pada saat ini, nanti kita lanjutkan lagi, jangan lupa komen, share dan folow agar selalu mendapat berita update dari blog cpns 2017..


Facebook CommentsShowHide

4 comments

This comment has been removed by a blog administrator.

Pak, sistem tes CPNS 2017 apakah juga dengan Computer?
dan biasanya diselenggarakan dimana ya?

Balas
This comment has been removed by the author.

ASSALMUALAIKUM WRB... !!!!!!!!!!!!

Alhamdulillah Lewat Postingan ini Saya Ingin publikasi’kan Kisah Cerita Sukses Saya Jadi Pegawai Negeri Sipil, semoga bermanpaat kpd anda semua
Alhamdulillah Berkat bantuan, BPK BUDI YUWONO. Beliau selaku kepala Direktur Arsip Kepegawaian I ) Di BKN PUSAT JakartaNo hp beliau 0823-12345-305,
Alhamdilillah saya sekarang sudah di ankat jadi PNS
(WASPADA POSTINGAN PENIPUAN) Yang Mencatut Nama Bpk DEDE, Bpk AIDU TAUHID dan Bpk WARLI................!!!!!
Sumpah Demi Allah ini Kisah Cerita Sukses Saya Jadi PNS
Yang Saya Ingin Sampaikan Kepda Saudara/i
Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas
ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga
bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS K2 Tahun 2014
yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya
ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 4 Madiun , Sudah 7 tahun saya
jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali
mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asa
soal'nya banyak MODUS PENIPUAN yang mencatut nama Bpk Dede, Bpk Warli, dan Bpk Aidu Tauhid, tapi alhamdulillah ada teman facebook saya atas nama IMAM Yang memposting no telf Bpk Drs Budi Yuwono beliau.
selaku kepala Direktur Arsip Kepegawaian I ) Di BKN PUSAT Jakarta.. yang di kenalnya di BKN PUSAT Jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya
mengirim berkas saya melalui alamat kediaman beliau di jakarta, Satu Bulan kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk menerima pemberkasan saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau, sekarang
saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat
berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya untuk
mengabdi pada negara, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin
seperti saya anda bisa,
Hubungi Bpk BUDI YUWONO. (Direktur Arsip Kepegawaian I ) Di BKN PUSAT Jakarta..
No telf beliau yang selalu aktif 0823-12345-305
Muda Mudahan beliau masih bisa membantu anda, Wass..... ini kisah cerita sukses saya jadi PNS.

Balas