-->

trik lulus tes cpns 2016/2017


hay peserta/peminat profesi PNS/ASN yang berbahagia, sudah siap mengikuti tes cpns 2016/2017 ? sudah benar-benar siap atau masih ragu - ragu? kurang yakin dengan kemampuan diri? bingung mau bagaimana lagi agar bisa lulus tes cpns? Tenang, kali ini author akan memberikan tips dan trik lulus tes cpns 2016/2017 berdasarkan pengalaman saya  sendiri, dan buktinya saya sendiri juga.

saya lulus cpns tahun 2014, ketika pertama kalinya tes cpns dari pelamar umum menggunakan sistem CAT dibeberapa daerah, dan kebetulan daerah saya menjadi salah satu daerah yang menerapkan sistem tes CAT tersebut.

sedikit aneh awalnya, karena biasnya kita hanya menjawab soal tes cpns menggunakan kertas dan pensil, namun dengan sistem CAT kita menjawab soal menggunakan komputer, dan menurut saya pribadi sistem CAT ini berdampak positf, sangat positif, dimana waktu yang kita gunakan untuk menjawab soal tes sangat efisien,, tidak perlu menghabiskan waktu untuk melingkari jawaban, atau menghapus jawaban yang kita anggap salah. juga tidak perlu takut kehabisan waktu.

saya sudah 2 kali mengikuti tes cpns, pada tahun 2013 dan tahun 2014, pada tes pertama saya gagal, karena tidak cukup waktu untuk menjawab semua soal, ditambah lagi dengan lamanya waktu yang dihabiskan untuk melingkari jawaban.

akhirnya pada kesempatan kedua saya bisa lulus tes cpns, dengan nilai murni tentunya tanpa ada "bantuan". percaya atau tidak, saya sama sekali tidak sempat belajar ketika mengikuti tes cpns tahun 2014, dikarenakan padatnya pekerjaan, maklum saya pegawai perusahaan swasta.

bukan bearti saya ini orang dengan otak yang sangat cerdas, sehingga tanpa belajarpun bisa lulus tes cpns, saya hanya menerapkan beberapa metode yang saya dapatkan ketika sempat menjadi pengajar di sebuah Bimbel ternama, dan ilmu yang saya dapat ketika bekerja diperusahaan, maklum salah satu kewajiban saya di perusahaan tersbut adalah menganalisa pelanggan.

dan pengalaman tersebut memberikan dampak yang sangat positf bagi saya, sehingga saya dapat menyimpulkan bahwa jika kita dapat menganalisa soal dengan baik, maka jawabannya  dapat kita temukan.

baiklah, langsung saja saya berikan Tips dan Trik lulus tes cpns 2016/2017 ala saya sendiri

1. PAHAMI SOAL
sebenarnya, 70-80% soal tes cpns adalah soal cerita, maka kita harus memahami cerita tersebut, agar kita dapat mengambil kesimpulannya, yaitu jawaban yang kita cari. namun masalahnya, sebagian besar dari kita terlalu terburu-buru membaca soal-soal tersebut, atau ada juga yang membacanya tidak fokus sehingga kalian hanya membaca saja, tetapi tidak memahami ceritnya. dan itulah yang membuat kalian bingung menentukan jawaban.

contoh: 
  •  jika rekan kerja anda tidak masuk karena sakit, dan beberapa tugas yang harus ia selesaikan belum diselesaikan, maka sebagai rekan kerja apa yang akan anda lakukan ?
a. cuek saja karena bukan kewajiban anda
b. menyelesaikan tugas tersebut lalu memberikannya kepada atasan
c.  mengkonsultasikannya kepada atasan
d. menyelesaikam tugas anda, karena itulah kewajiban anda, dan kewajiban teman anda, bukanlah kewajiban anda berdasarkan SOP

menurut kalian jawbannya yang mana? sekarang tempatkan diri anda seperti didalam cerita tersbut, yang tidak masuk adalah rekan kerja anda, dan kewajiban dia bukan kewajiban anda, namun sebagai rekan kerja yang baik dan sebagai pegawai yang baik, maka, yang harus anda lakukan adalah mengkonsultasikannya kepada atasan anda,dan biarkan atasan yang memutuskan apa yang harus dilakukan,  dengan begitu, anda sudah menjadi rekan dan pegawai yang tidak egois, dapat bekerja sama didalam sebuah birokrasi. maka jawaban yang harus anda pilih adalah C

soal-soal semacam ini sangat banyak didalam tes cpns, tiap tahun pasti ada dan masuk dalam jenis tes TKP, yang mana jumlah soal seperti ini mencapai 40-45 soal. dan jika anda mampu menjawab dengan benar minimal 30 soal saja, anda dipastikan lulus passing grade jenis soal ini.

jadi ingat, PAHAMI SOAL nya, jangan terburu-buru dalam menjawab soal, karena akan membuat anda tidak bisa memahami apa yang sebenarnya soal tersebut tanyakan kepada anda.

2. TETAPKAN TARGET 
jumlah soal tes cpns  ada 100 soal, dari 3 jenis soal, TWK, TIU, dan TKP, dan setiap jenis soal diberikan passing grade yang berbeda -beda, ada yang 70, 75 dan 80. nah bearti anda tidak harus menjawab semua soal dengan benar, yang ahrus anda lakukan adalah targetkan berapa soal yang ahrus benar-benar anda jawab dan berapa soal yang akan anda pilih jawabnnya melalui keberuntungan (asal pilih).

namun kebanyakan dari kita terlalu fokus pada semua soal yang ada, semua soal dibaca ingindijawab dengan benar, semua soal dikerjakan dengan sangat hati-hati, hingga akhirnya anda kehabisan waktu, dan biasanya hal itu terlihat dari nilai TKP anda yang tidak memenuhi passing grade, sedangkan TWK dan TIU besar, itu karena soal TKP diberikan di pada no akhir, no 60-100, dimana anda sudah kehabisan waktu dan fokus pada saat itu.

dan ada juga sebagian dari kita yang malah melewatkan soal-soal TIU, karena diangga susah, dan lbih fokus menjawab semua soal TWK dan TKP, dan hasilnnya nilai TIU nya tidak lulus. 

oleh karena itu, Tetapkan Target anda, berapa soal miminal tiap jenis soal yang harus anda jawab dengan kemunkinan benar 100%, dan jika passing grade tidak berubah lagi, maka saya sarankan, target anda adalah 
TWK = 21 soal
TIU   = 16 soal
TKP  = 40 soal
fokuslah pada target tersebut, pastikan anda menjawab benar setiap target soal, jadi anda tidak perlu fokus pada seluruh soal, jika target diatas tercapai, maka nilai anda dipastikan diatas pssing grade, dengan hanya menjawab 77 soal dengan benar, dan sisanya bisa anda jawab dengan mengandalkan keberuntungan saja.

3. GUNAKAN LOGIKA
gunakan logika atau penalaran anda, terutama untuk menjawab soal-soal TIU, yang mana berisi 80% soal-soal matematika. jika anda menjawab soal-soal matematika tersebut dengan jalan atau rumus yang biasa anda gunakan diseklah, saya pastikan waktu anda akan habis sebelum sampai pada soal no 70.

gunakanlah penalaran anda, pilihan jawaban dalam soal matematika itu selalu mirip, misal: a. 2,7   b. 27  c. 270.  d. 0.27.  terlihat sangat mirip bukan. inilah yang membuat anda semakin takut memlih jawaban, karena takut keliru.

sekarang coba perhatikan soal berikut, ini mirip soal yang saya jawab ketika tes cpns 2014
  • ada sebuah tabung dengan diameter alas 10 cm dan tinggi 12,5 cm,, berpa isi air didalam tabung tersebut ?
a. 1 liter   b. 10 liter  c. 0.1 liter  d. 2.1 liter
 untuk menjawabnya anda tidak perlu menggunakan rumus tabung, karena saya sendiri juga lupa rumusnya, pakai saja penalaran anda, kira-kira sebesar apa tabung tersebut, mudahkan, jawabnnya pasti (a) 1 liter, anda bisa perkirakan besar tabung tersebut dengan tangan anda, dan tidak perlu rumus tabung, dan sangat menghemat waktu anda. 

inilah yang disebut LOGIKA MATEMATIKA, anda tidak perlu menghafal rumus untuk menyelesaikannya.
Facebook CommentsShowHide

4 comments

This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by the author.

Assalamu’alaikum wr wb...
Bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan PROGRAM HIBAH DANA GAIB hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu hari saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan mengunjungi website www.danagaib.xtgem.com
semua petunjuk K.H. JAYA saya ikuti dan hanya 2 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih K.H. JAYA saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI
atau
BUKA DISINI










































































































































Balas